Cara Membersihkan dan Merawat Jam Tangan

Setelah beberapa hari dipakai,  jam tangan mungkin akan ditempeli dengan kotoran atau debu. Oleh karenanya jam juga perlu dirawat dan dibersihkan untuk menjaga kilaunya. Selain itu, juga agar jam tangan tersebut awet dan tahan lama. Kita pasti tidak ingin jika arloji kesayangan kita jadi kusam, buram, lecek, butek dll.

Secara tak langsung, merawat jam tangan dengan benar akan memperpanjang usianya, apalagi jika jam tersebut setiap hari kita pakai.

cara merawat dan membersihkan jam tangan

Jam tangan baru vs jam antik

Perawatan jam tangan baru berbeda dengan jam tangan antik. Untuk jam tangan antik sebaiknya dilakukan oleh tenaga professional. Sedangkan untuk jam tangan baru perawatannya bisa kita lakukan sendiri. Untuk merawat arloji yang dipakai sehari-hari biasanya tidak perlu peralatan khusus.

Sebelum mulai merawat atau membersihkan , bacalah dulu petunjuk perawatan yang tertera di buku manual. Jangan lupa untuk melakukan tes dulu di bagian yang tersembunyi sebelum menerapkannya secara menyeluruh.

Beda membersihkan jam tangan kulit dan jam tangan stainless steel

#1. Gunakan air dan produk pembersih untuk membersihkan jam tangan. Lakukan dengan hati-hati agar jangan ada cairan yang masuk ke dalam mesin. Lap jam tangan dengan kain microfiber yang lembab namun bersih.

#2. Untuk jam tangan stainless steel lepaskan rantainya jika memungkinkan. Celupkan rantai tersebut ke dalam larutan sabun cuci piring bercampur air hangat. Sikat pelan-pelan dengan sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

#3. Untuk jam tangan kulit lepas juga tali kulitnya jika memungkinkan. Sikat dengan air hangat dicampur sedikit cuka putih. Sebelumnya tes dulu cairan ini pada area kecil, jangan langsung ke seluruh bagian.

#4. Setelah semuanya kering, rakit kembali tali atau rantai yang tadi dilepas.

Cara merawat jam tangan

Selain membersihkan secara periodik seperti diatas, lakukan juga perawatan jam tangan kecil-kecilan tapi rutin setiap selesai digunakan. Caranya, lap jam tangan dengan kain microfiber. Selain itu usahakan jangan ada kontak berlebihan dengan bahan sensitif seperti parfum dan minyak rambut.

Kesimpulan :

#1. Jangan ada cairan yang membasahi bagian dalam atau mesin, saat menggunakan air atau produk pembersih untuk membersihkan jam tangan.

#2. Meskipun tali jam tangan dari kulit dapat dibersihkan dengan campuran air hangat dan cuka putih, tapi pastikan untuk mengetesnya lebih dulu di area kecil.

#3. Lap dengan kain mikrofiber setiap selesai dipakai, jangan menunggu kotoran menumpuk baru dibersihkan.

#4. Baca dulu buku manualnya sebelum melakukan perawatan / membersihkan jam tangan.

Baca juga : Jenis Tali Jam Tangan, Kelebihan dan Kekurangannya