Ini Alasan Anak Lebih Baik Memakai Jam Tangan Analog

Jam tangan yang baik untuk anak itu seperti apa ? Apakah jam yang harganya mahal, yang modelnya keren, ataukah yang warnanya cantik ? Pertanyaan seperti itu sering diajukan oleh orang tua yang ingin memberikan hadiah jam tangan untuk anaknya pada saat ulang tahun, kenaikan kelas, hari raya dll.

Setiap orang tua pasti memiliki jawaban masing-masing terkait pertanyaan diatas. Tapi, jika pertanyaan itu diajukan pada seorang guru matematika atau guru sains maka jawabannya adalah bahwa jam tangan yang baik untuk anak adalah jam tangan analog. Kenapa ? Begini alasannya.

Coba cari beberapa anak yang terbiasa memakai jam tangan digital. Kemudian perlihatkan jam tangan analog dan tanyakan padanya, “Jam berapa sekarang ?” Kemungkinan besar banyak diantara mereka yang tidak tau atau tidak bisa menjawab dengan tepat sekarang jam berapa.

Ke-tidakmengerti-an anak jaman sekarang pada jam tangan analog sepertinya sudah jadi fenomena umum, dan bukan hanya anak tapi juga remaja. Kebiasaan mereka menggunakan jam digital membuat mereka gagap ketika disodorkan jam analog. Baca juga : Mana Lebih Baik Jam Tangan Digital Atau Analog.

Kelebihan jam tangan analog untuk anak

Pepatah lama mengatakan bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata. Dan kita sebagai manusia memerlukan gambar atau visualisasi untuk lebih memahami apa yang terjadi atau untuk menginterpretasikan sebuah informasi. Dengan jam tangan analog sebuah konsep matematika atau konsep sains bisa lebih mudah diserap oleh anak.

Terkait hal ini, kelebihan jam tangan analog dari jam digital adalah jam analog bisa digunakan sebagai media pembelajaran dalam memahami fraksi atau bilangan pecahan. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

jam tangan yang baik untuk anak

Contoh, ketika jarum jam cenderung ke angka 12 dan jarum menit ke angka 9, maka kita mengatakan itu adalah jam 12 kurang ¼ atau jam 11 lebih 45. Nilai ¼ didapat dari 15 menit / 60 menit. Nah, anak yang memakai jam tangan analog akan langsung melihat visualisasi dari pecahan ¼.

Contoh lainnya, ketika kita mengatakan sekarang jam setengah tiga atau 02:30, makna setengah disini adalah ½ dari satu putaran jam. Masyarakat yang berbahasa Inggris biasa mengatakan jam dua lebih setengah (a half past two) atau jam tiga kurang setengah (a half to three). Jadi bisa jam sekian lebih setengah, atau jam sekian kurang setengah.

Selain kelebihan dalam visualisasi, dengan jam tangan analog anak juga akan terbiasa dengan operasi perkalian dan pembagian yang melibatkan angka 5 dan 60. Karena setiap angka yang ada pada jam analog selalu bernilai 5. Ini adalah kelebihan lain yang sulit didapat jika anak terbiasa dengan jam digital.

>>> Aneka jam tangan analog bagus untuk anak klik disini.

Kita semua tentu sepakat bahwa, masa anak-anak sejatinya adalah masa pertumbuhan baik secara fisik, intelektual, maupun mental. Dalam masa tersebut sebaiknya orang tua memberikan pembelajaran yang se-positif mungkin bagi mereka.

Termasuk juga saat orang tua berniat memberikan hadiah jam tangan misalnya. Maka berikan anak jam tangan yang bermanfaat, bukan yang bisa membuatnya gagap. Sebab, memberikan sebuah hadiah yang positif bagi anak adalah langkah kecil yang akan memiliki makna besar bagi masa depan mereka. Setuju ?