8 Kelebihan Jam Tangan Samsung Gear S2

Pertengahan Desember 2015 jam tangan Samsung Gear S2 mulai dipasarkan di Indonesia. Jam tangan pintar generasi ke empat dari Samsung ini punya ciri khas yaitu bentuknya bulat dengan bezel yang bisa diputar. Metode input yang unik dari rotating bezel ini sangat intuitif dan membuat banyak orang penasaran ingin tau apa kelebihan dan kekurangan Samsung Gear S2.

kelebihan samsung gear s2

Review seputar jam pintar ini cukup banyak diulas di internet. Tulisan ini ingin membatasi hanya pada beberapa kelebihan jam tangan Samsung Gear S2 yang membuatnya layak dinobatkan menjadi smartwatch terbaik dari Samsung. Setidaknya untuk saat ini. 

Kelebihan jam tangan Samsung Gear S2 :

#1. Bezel yang bisa diputar

Titik pusat keunikan desain Samsung Gear S2 adalah bezel yang bisa berputar. Ini merupakan cara sederhana dan praktis untuk mengatasi problem navigasi antar muka pada smartwatch karena layarnya yang mungil. Rotating bezel mungkin merupakan salah satu inovasi paling cerdas yang dilakukan pada smartwatch. Sebuah inovasi yang sulit diterapkan pada jam pintar lain yang berbentuk square (bujur sangkar).

#2. Pengisian baterai nirkabel

charger nirkabel samsung gear s2Pengisian baterai secara nirkabel (wireless charging) sudah dilakukan Samsung pada beberapa smartphone andalannya. Jadi itu tak mengherankan jika fitur ini disertakan juga pada jam pintar Gear S2. Pengisian nirkabel terbukti lebih praktis dan nyaman, karena pengguna hanya perlu mendekatkan Gear S2 dengan perangkat wireless charger-nya. Gambar pengisian baterai secara nirkabel adalah seperti yang ada diatas tulisan ini.

#3. Tahan air

Kelebihan jam tangan Samsung Gear S2 lainnya adalah device ini sudah dirancang untuk tahan air (water resistant). Jadi tak perlu khawatir jika Anda terpaksa keluar ruangan dan berjalan dibawah hujan deras. Selain itu smartwatch ini juga tahan air hingga 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

#4. Straps bisa diganti

Bagi Anda yang suka fashion, penampilan mungkin sama pentingnya dengan teknologi yang diusung oleh jam pintar itu sendiri. Misalnya soal mengganti straps agar lebih fashionable. Nah Samsung Gear S2 memungkinkan Anda untuk mengganti tali dengan cukup mudah. Karena dibagian belakang ada kait kecil yang bisa ditarik sehingga tali keluar dan Anda bisa menggantinya dengan straps lain pilihan Anda.

#5. Fitur Find My Gear

“Find My Phone” sudah menjadi fitur standard pada beberapa perangkat mobile terbaru. Dan Find My Gear pada Samsung Gear S2 memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Find My Phone yang ada di smartphone.

Untuk menggunakannya Anda perlu mengaktifkan “Cari Aksesoris” di smartphone, maka Gear S2 akan menyala dan berbunyi sampai Anda menemukannya.

#6. Daya tahan baterai

Kebanyakan smart watches baterainya tidak tahan lama. Smartwatch Gear S2 dibekali baterai 250 mAh yang mampu bertahan hingga 3 hari  

#7. Durable atau tangguh

Berbeda dari jam pintar para kompetitornya, smartwatch Gear S2 dibuat dari baja anti karat dan bukan dari aluminium. Teknologi layar yang dibawa Gear S2 adalah display super amoled dan dilengkapi kaca antigores Gorilla Glass.

#8. OS Tizen

Digunakannya system operasi Tizen pada Samsung Gear S2 punya sisi kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya Samsung mampu mencapai kustomisasi penuh di OS tersebut dan mandiri dari Google. OS Tizen memungkinkan Gear S2 memiliki bezel berputar dan antar muka melingkar. Ini berbeda dengan Android Wear yang navigasinya atas-bawah (up and down) atau kanan-kiri (right and left).

Sedangkan kekurangannya komunitas pengembang masih sedikit sehingga aplikasinya tidak sebanyak di Android Wear.

Baca juga : Tactix Bravo, Jam Pintar Garmin Untuk Militer

Itulah beberapa kelebihan jam tangan Samsung Gear S2 yang membuatnya layak dianggap sebagai smartwatch terbaik Samsung saat ini. Bagaimana, Anda berminat ?