6 Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Jika kita membandingkan antara laptop gaming dan desktop – PC gaming dengan parameter baku, maka performa laptop gaming selalu dibawah desktop PC. Walau begitu, gaming laptop tetap disukai gamer berhubung lebih portable dan bisa dibawa ke mana saja mereka suka. Apalagi, main game di desktop PC lumayan membosankan karena harus duduk terpaku di satu tempat.

laptop gaming terbaik 2015 razer blade 14Jika menggunakan gaming laptop, mereka bisa main game di lantai, di kasur, di sofa, di teras, di balkon, di bawah pohon dll. Mau main game sendiri atau main rame-rame bersama teman, menggunakan gaming laptop lebih mudah dan praktis. Performa laptop gaming mungkin kalah dari desktop PC, tapi buat kemeriahan dan kebersamaan, laptop gaming jauh lebih oke.

Tapi itu bukan berarti soal kinerja laptop boleh dikesampingkan. Meningkatkan performa laptop gaming tetap perlu dilakukan agar main game di laptop lebih nyaman.

Optimalisasi system meningkatkan performa laptop

Buat gamer yang ingin meningkatkan kinerja laptop-nya, maka yang bersangkutan perlu melakukan optimalisasi system laptop serta beberapa software tweaking. Sebab, dari sisi hardware lebih sulit untuk dilakukan up-grade. Pilihan optimalisasinya memang terbatas, tapi bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja gaming pada laptop.

Berikut adalah 6 cara meningkatkan performa laptop gaming.

#1. Menginstall driver terbaru

Menginstall driver terbaru perlu dilakukan para gamer. Sebab, driver hardware selalu diupdate dari waktu ke waktu untuk memperbaiki bug yang ditemukan pada versi sebelumnya. Misalnya driver video card. ATI dan Nvidia yang merupakan produsen utama video card senantiasa meng-update driver video card-nya agar kinerja hardware jadi semakin baik.

Driver yang dikemas satu paket dalam pembelian hardware bisa jadi bukan merupakan driver terkini. Karena itu menginstall driver video card terbaru menjadi cara paling praktis untuk meningkatkan kinerja laptop. Khusus buat gamer “malas” yang tidak pernah mengupdate driver video card sejak pertama kali membeli laptop, maka dengan menginstall driver terbaru bisa meningkatkan performa laptop gaming hingga 20 persen.

#2. Mengatur power setting

Berbeda dengan desktop PC yang selalu terhubung ke sumber listrik, laptop sering digunakan di area yang sulit dijangkau oleh aliran listrik. Oleh karena itu mengatur power setting pada laptop gaming menjadi sangat penting artinya. User harus rajin mengatur power setting agar diperoleh keseimbangan terbaik antara menjaga agar baterai tetap awet dengan menjaga agar performa laptop optimal.

Ketika user menjalankan game di laptop misalnya, maka ia akan disarankan mengatur power setting ke profile tertinggi agar kinerja laptop jadi maksimal. Dan ketika menjalankan aplikasi lain mungkin cukup dengan mengatur power setting ke level medium dll.

Model laptop gaming terbaru biasanya sudah memiliki fitur switchable graphic, dan GPU laptop akan menyala secara otomatis manakala diperlukan. Baca juga : 10 Laptop Gaming Terbaik 2015.

#3. Menurunkan detil tekstur dan efek bayangan (shader)

Setiap efek grafis yang dipakai pada game akan langsung berpengaruh pada performa laptop. Tekstur dengan resolusi tinggi serta efek bayangan yang detil dan rumit akan berdampak pada kinerja RAM. Mengatur kembali tekstur dan efek bayangan akan meningkatkan performa gaming laptop. Ini terutana jika laptop gaming tersebut punya keterbatasan dalam hal memory video card.

#4. Tutup aplikasi background

Menutup aplikasi yang berjalan di background juga akan meningkatkan performa laptop gaming. Aplikasi yang berjalan di background jangan terlalu banyak, pertahankan yang penting-penting saja. Untuk menutupnya bisa dilakukan secara manual atau pun menggunakan software seperti Game Booster.

#5. Maintenance hard disk secara berkala

Manfaatkan System Tools pada Accessories untuk menjalankan disk clean up dan disk defragmenter secara berkala agar hard disk tetap dalam kondisi terbaik. Disk cleanup berfungsi mencari temporary files dan file yang tidak pernah dipakai lagi, file seperti ini bisa Anda delete. Sedangkan disk defragmenter berfungsi mengatur kembali tata letak file dalam hard disk, sehingga akses ke setiap file lebih cepat dan lancar.

#6. Membuang Spyware dan Pop-Ups

Spyware, pop-up ads, dan berbagai malicious program lainnya akan menurunkan performa gaming laptop bahkan mengancam keamanan system dan data Anda. Manfaatkan software gratis deperti Microsoft Windows Defender, Lavasoft’s Ad-Aware dll agar laptop gaming terhindar dari berbagai program yang mencurigakan tersebut.

Pada akhirnya setiap gamer harus menyadari bahwa upaya meningkatkan performa laptop gaming lebih banyak berkaitan dengan”utak-atik” system maintenance dan software tweaking. Itu karena upgrade CPU atau GPU pada laptop sangat sulit dilakukan. Baca juga : 10 Tips Membeli Laptop Gaming Yang Bagus.

Jadi jika setelah menjalankan cara-cara diatas, tapi performa laptop gaming Anda tetap mengesewakan, maka mungkin inilah saat yang tepat bagi Anda untuk membeli gaming laptop yang baru.