Perbedaan Antara Tablet dan Smartphone

Perbedaan tablet dan smartphone yang utama adalah bahwa tablet merupakan “persilangan” antara smartphone dan laptop, memiliki layar lebih besar, serta memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik. Sedangkan smartphone adalah ponsel pintar dengan kemampuan canggih, layar lebih kecil, dan menitik beratkan pada konektifitas.

Awalnya kita hanya mengenal telepon seluler atau ponsel dengan fungsi terbatas misalnya untuk telepon dan sms. Kemudian muncul tren smartphone seperti iPhone dan Blackberry. Lalu Apple meluncurkan iPad yang jadi cikal bakal munculnya tablet. 

perbedaan smartphone dan tabletTablet dan smartphone kadang memiliki beberapa fungsi yang tumpang tindih dan membuat orang bingung memilih smartphone atau tablet. Namun, sesungguhnya diantara keduanya memiliki fitur yang jelas berbeda dan perbedaan fitur tersebut lalu melahirkan popularitas perangkat yang berbeda pula.

Baik smartphone maupun tablet berjalan dengan menggunakan sebuah system operasi. Dua system operasi paling populer saat ini adalah Apple iOS dan Google Android. Kebanyakan smartphone dan tablet yang ada dipasaran saat ini menggunakan salah satu dari dua system operasi tersebut. iPhone dan iPad tentu menggunakan iOS sedangkan berbagai merek smartphone dan tablet lainnya menggunakan system operasi Android.

Perbedaan tablet dan smartphone : konektifitas

Semua smartphone saat ini memiliki fitur Wi-Fi dan konektifitas 3G (jika tidak maka itu bukan smartphone tapi ponsel biasa he he he …). Itu artinya smartphone bisa terhubung ke internet melalui sinyal Wi-Fi dan mampu menggunakan jaringan 3G untuk telepon, sms, upload dan download data.

Sedangkan tablet kebanyakan hanya punya fitur Wi-Fi. Beberapa tablet memang memiliki Wi-Fi dan koneksi 3G sekaligus, tapi harga tablet dengan Wi-Fi dan 3G cenderung mahal. Tablet dengan kemampuan 3G adalah yang memiliki slot kartu GSM.

Perbedaan tablet dan smartphone : ukuran layar

Tablet punya ukuran layar antara 7 sampai 10 inch, memiliki internal memory yang besar dan keyboard virtual penuh yang berguna untuk email, interaksi di jejaring sosial, dan chatting online. Selain itu dilengkapi dengan kamera ganda, kamera belakang untuk ambil gambar, dan kamera depan untuk selfie, video calling atau video chatting.

Seperti disebutkan sebelumnya, tablet itu ibarat persilangan antara laptop dan smartphone. Sehingga memiliki layar lebih besar dari smartphone tapi lebih kecil dari laptop. Selain itu ada beberapa aplikasi yang hanya berjalan di tablet saja dan tidak di smartphone. Tablet pada dasarnya dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang lebih kaya, dan memungkinkan pengguna melakukan komputasi yang lebih baik.

Pada dasarnya tablet adalah sebuah komputer mini. Ia mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya orang lakukan dengan laptop. Misalnya surfing internet, chatting dengan teman, email, membaca eBook dll. User juga bisa menggunakan tablet untuk fungsi komputasi dasar, menonton video, mendengarkan MP3 via internet. Namun tablet lebih portable dan bobotnya lebih ringan dari laptop, notebook, ataupun netbook.

Kekurangan tablet adalah tidak bisa (atau tidak lazim ?) digunakan untuk panggilan telepon. Bahkan untuk tipe tablet yang memiliki slot kartu GSM pun kita harus menggunakan perangkat tambahan seperti headset Bluetooth, karena sangat aneh melihat orang menelepon dengan wajah tertutup tablet.

Pada sisi lain smartphone lebih menekankan fungsinya sebagai sebuah telepon. Jadi fungsi utama mereka adalah konektifitas yaitu melakukan atau menerima panggilan, mengirim atau menerima pesan teks / gambar. Tapi smartphone juga dibekali berbagai kemampuan tambahan, seperti mampu melakukan fungsi-fungsi PDA (personal digital assistant) yaitu dengan menginstall sendiri berbagai aplikasi canggih dan kompleks.

Kelebihan smartphone dari tablet adalah lebih mudah dibawa (lebih portable). Smartphone biasanya memiliki ukuran layar antara 3.5 sampai 5 inch. Ukuran tersebut membuat smartphone mudah ditaruh di saku baju atau celana. Smartphone juga memiliki processor cepat, kapasitas internal memorinya besar, operating system yang mudah digunakan dan keyboard virtual yang sepenuhnya QWERTY.

Dalam perkembangan selanjutnya, smartphone juga bisa diberdayakan sebagai perangkat navigasi pintar dengan adanya fitur GPS, A-GPS, EDGE, dan GPRS. Smartphone juga punya kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar informasi dan file media. Selain itu ponsel pintar tersebut mampu meng-upload dan men-download dengan kecepatan tinggi baik via Wi-Fi ataupun 3G.

Sekarang ini teknologi tablet dan smartphone semakin hari semakin mendekati kemampuan komputer. Tugas-tugas yang dulu hanya bisa dilakukan oleh laptop dan desktop sekarang banyak yang bisa diambil alih oleh tablet dan smartphone. Ini terutama dengan digunakannya processor dual core dan operating system pada dua gadget itu.

Kekurangan smartphone dan tablet dibanding laptop dan desktop adalah kemampuan komputasinya dibatasi oleh ukuran layarnya yang lebih kecil, serta tidak adanya fitur untuk memainkan CD atau DVD.

Lebih suka tablet atau smartphone ?

Saat ini tablet dan smartphone adalah dua gadget yang disukai konsumen. Nah Anda sendiri lebih suka tablet atau smartphone ?

Terkait hal ini Adobe System dalam laporan bertajuk Digital Publishing Report: Retail Apps dan Buying Habits, tahun 2013, menyebutkan perbandingan perbedaan persentase kegiatan konsumen yang dilakukan dengan smartphone atau tablet.

Kegiatan KonsumenSmartphoneTablet
Email7972
Baca berita5030
Musik5246
Game6048
Belanja online4420

Sedangkan dalam laporan lain ‘All About You’ Report tahun 2012, lima aktifitas teratas yang biasa dilakukan konsumen dengan tablet dan smartphone mereka yaitu : browsing internet, social networking (seperti facebook, twitter, chatting dll),  main game, mendengarkan musik, dan telepon.

Itulah beberapa perbedaan antara tablet dan smartphone. Pada akhirnya kebutuhan dan pilihan pengguna akan ikut menentukan popularitas kedua gadget dimasa mendatang.