Perbedaan Smartwatch dan Fitness Tracker

Smartwatch (jam pintar) dan fitness tracker (pelacak kebugaran) adalah gadget kecil yang biasa dikenakan di pergelangan tangan. Bentuk dan fungsi keduanya memiliki banyak kemiripan sehingga sering membuat orang bingung tentang apa perbedaan smartwatch dan fitness tracker. Dan kebingungan itu semakin bertambah mengingat di pasaran tersedia banyak sekali pilihan merk smart watch maupun merk fitness tracker, dari yang harganya murah sampai yang mahal.

Tulisan singkat ini akan menjelaskan apa itu smartwatch, apa itu fitness tracker, serta perbedaan diantara keduanya. Harapan kami, setelah membaca tulisan ini Anda tidak akan salah dalam memilih sehingga mendapatkan fitness tracker ataupun smartwatch terbaik sesuai yang diharapkan.

perbedaan smartwatch dan fitness trackerPerbedaan smartwatch dan fitness tracker

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, pertama-tama harus dipahami dulu definisi smartwatch dan fitness tracker. Menurut Wikipedia smartwatch adalah jam tangan atau arloji yang dikomputerisasi dan fungsi-fungsinya ditingkatkan melampaui fungsi awal jam tangan yakni untuk mengetahui waktu yang tepat. Kebanyakan smart watch bukanlah perangkat mandiri melainkan perlu didampingi smartphone agar terhubung ke internet.

Sedangkan definisi fitness tracker menurut PCMag adalah perangkat di pergelangan tangan yang bisa mendeteksi beberapa hal seperti jumlah langkah, jarak tempuh, detak jantung, swimming laps, sampai kualitas tidur.

Smartwatch

Smartwatch adalah gadget yang multifungsi. Beberapa fungsi yang biasa ditemukan pada smart watch diantaranya menjalankan aplikasi, tracking audio, text messaging, telepon dll. Fungsi yang terkait dengan fitness dan kebugaran adalah sebagian dari sekian banyak fungsi yang bisa dilakukan smart watch. Selain itu, tentu saja, smartwatch dapat difungsikan layaknya jam tangan biasa.

Smartwatch biasanya dirancang dan ditujukan untuk mereka yang menginginkan jam pintar yang stylish untuk dipakai di pertemuan bisnis, pesta, ataupun kencan bersama teman. Smart watch merupakan gadget ramping yang atraktif untuk menggantikan jam konvensional. Ukuran smartwatch biasanya lebih besar dan bobotnya lebih berat daripada fitness tracker.

Kelebihan smartwatch :

  • Punya lebih banyak fitur / fungsi (multifungsi)
  • Desain ramping dan stylish cocok dipakai di berbagai kesempatan
  • Terhubung dengan smartphone

Kekurangan smartwatch :

  • Terlalu banyak fitur / fungsi bisa membuat bingung pengguna
  • Fungsi pelacak kebugaran kurang nyaman dibandingkan fitness tracker murni
  • Lebih sering di charge

Fitness Tracker

Pada sisi lain fitness tracker dirancang untuk mereka yang ingin melacak kesehatan dan meningkatkan level kebugarannya. Perangkat ini akan melacak berbagai metric yang terkait kebugaran pemakainya saat beraktifitas seperti jarak tempuh, jumlah kalori, detak jantung sampai kualitas tidur. Dari data yang ditampilkan perangkat, si pemakai lalu menganalisa, memahami dan membuat perubahan penting untuk meningkatkan kebugaran atau kesehatannya.

Fitness tracker sangat nyaman dikenakan di pergelangan tangan. Itu karena bobotnya ringan dengan gelang / tali terbuat dari karet atau plastik. Untuk alasan yang sama, rasanya Anda tidak akan menemukan alat pelacak kebugaran dengan gelang atau tali terbuat dari bahan metal. Dibandingkan smartwatch, harga fitness tracker biasanya lebih murah.

Kelebihan fitness tracker :

  • Nyaman dipakai untuk aktifitas outdoor
  • Memiliki banyak fitur yang terkait kebugaran dan kesehatan
  • Harga fitness tracker lebih murah

Kekurangan fitness tracker :

  • Fitur yang dimiliki tidak sebanyak smartwatch
  • Hanya bermanfaat bagi mereka yang antusias dengan kebugaran dan kesehatan

Memilih smartwatch atau fitness tracker

Tidak sedikit diantara kita yang bingung jika harus memilih antara smartwatch dan fitness tracker. Nah, untuk mengetahui cara memilih yang tepat maka Anda harus menentukan prioritas kebutuhan Anda seperti apa ?

Jika prioritas kebutuhan Anda adalah meningkatkan kesehatan dan kebugaran maka pilih fitness tracker, karena bisa membuat Anda lebih fokus pada tujuan semula. Sedangkan jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih fashionable, mendukung pergaulan dan bukan semata untuk kesehatan atau kebugaran, maka lebih baik pilih smartwatch.

Bingung memilih itu biasa. Tapi adanya perbedaan smartwatch dan fitness tracker sesungguhnya menguntungkan karena dapat memperkaya pilihan. Dan pilihan manapun yang Anda ambil akan bermanfaat sepanjang didasari pada “kebutuhan”, dan bukan pada “keinginan” semata.